Membangun merek adalah aspek integral dari pengembangan pribadi dan bisnis.
Mengembangkan merek bisnis dan personal, tidak hanya mengenai masalah meningkatkan brand awareness, tetapi juga bagaimana memberikan identitas dan nilai terhadap merek tersebut
Dengan adanya pilihan platform yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas partisipatif dan aktivitas interaktif, telah memberikan banyak peluang meningkatkan brand awareness dan equitas merek.
Jika kita telah memutuskan untuk membangun merek baik merek pribadi maupun merek bisnis, maka sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa membangun merek membutuhkan sumber daya yang cukup besar dan waktu yang tidak sebentar.
Tentukan Merek Anda
Tahap pertama dalam membangun merek adalah mendefinisikan merek Anda.
Ini adalah langkah yang sangat penting karena pada akhirnya menentukan apa merek Anda benar-benar berdiri.
Ketika mendefinisikan merek bisnis Anda, Anda harus membuat daftar kekuatan intinya. Demikian pula, jika Anda mendefinisikan merek pribadi, Anda harus melihat keterampilan dan keahlian yang Anda miliki terutama yang menonjol.
Pada token yang sama, Anda juga perlu mengetahui apa arti merek Anda dan apa yang penting untuk merek Anda (nilai merek).
Nilai-nilai Anda harus dengan satu atau lain cara menunjukkan bahwa Anda berkontribusi terhadap kesejahteraan lingkungan, sosial, dan ekonomi konsumen.
Anda mungkin tidak menyadari beberapa aspek penting dari pembentukan merek ini segera, sampai Anda melihatnya secara objektif.
Bedakan dan Posisikan Merek Anda
Sebelum memulai membangun merek, Anda harus meluangkan waktu untuk membedakannya sehingga Anda dapat menarik perhatian dan menonjol dari pesaing.
Untuk membedakan merek Anda, Anda harus menciptakan keunggulan unik di benak konsumen bukan hanya mendapatkan perhatian dengan warna atau logo merek merek atau elemen superfisial lainnya.
Setelah Anda mendapatkan proposisi nilai yang unik, Anda harus menggunakan strategi pencitraan merek yang bagus untuk memposisikan merek Anda dengan cara yang akan membantu konsumen melihat dan menghargai nilai merek Anda yang lebih besar dibandingkan yang bersaing di pasar.
Bangun dan Paparkan Merek Anda
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, membangun merek bukanlah hal yang salah. Membangun merek pribadi atau bisnis yang unik dan kuat membutuhkan waktu dan konsistensi.
Untuk membangun merek pribadi Anda, Anda harus terus memperkuat nilai dan keterampilan Anda dengan mengambil peran dan tugas baru yang akan memberi Anda lebih banyak keterpaparan.
Atau, Anda dapat menggunakan saluran promosi, blog, forum, dan media sosial (LinkedIn, Twitter, dan Facebook) untuk membuat suara untuk merek pribadi atau bisnis Anda.
Ketika membangun merek Anda, Anda juga harus berusaha untuk mengembangkan kepribadian merek (apa yang orang tahu, pikirkan, dan katakan tentang Anda).
Inilah yang mendorong atau memotivasi orang untuk mengidentifikasi dan terlibat dengan merek Anda.
Yang benar adalah; jika Anda menjalankan strategi membangun merek Anda secara konsisten, maka Anda akan dengan mudah membentuk pola yang selamanya akan dikaitkan dengan nama merek Anda.
Personalisasi Merek Anda
Jika Anda ingin kampanye atau merek merek Anda sukses, maka Anda harus mempersonalisasikannya.
Penting untuk memberi identitas pada merek Anda. Biarkan konsumen melihat dan mengalami kepribadian merek Anda secara keseluruhan.
Lihatlah merek Anda sebagai sesuatu yang ingin diidentifikasi konsumen dengan cukup banyak seperti yang mereka lakukan dengan mobil, ponsel, atau komputer favorit mereka.
Ketika Anda terlibat dalam membangun merek, Anda juga harus mengundang pelanggan untuk menjadi rekan pencipta nilai merek sehingga mereka dapat merasakan bahwa mereka juga memilikinya dan berhubungan dengannya.
Merek teratas mendorong interaksi merek konsumen dengan personalisasi produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen.
Ketika Anda mempersonalisasi merek Anda, Anda memberi konsumen alasan untuk berpartisipasi dan terlibat dengan merek Anda untuk seumur hidup.
Tinjau Merek Anda
Merek Anda tidak statis; itu akan melalui berbagai gerakan dalam masa hidupnya. Bergantung pada strategi merek Anda, merek Anda akan tumbuh kuat, atau tetap tidak aktif, atau surut seiring berjalannya waktu.
Dalam siklus merek, peristiwa baru, perubahan, dan keadaan menghadirkan tantangan dan peluang untuk meningkatkan nilai merek Anda atau membangunnya kembali.
Semua kemungkinan ini akan memberi Anda dorongan untuk mengambil alih aktivitas membangun merek Anda.
Ketika nama merek Anda tumbuh, begitu juga tanggung jawab dan harapan untuk melanjutkan dengan membangun merek.
Cara terbaik untuk memastikan pertumbuhan merek adalah meninjau aktivitas Anda dan mengevaluasi keberhasilan Anda melalui metrik seperti tingkat kesadaran merek dan tingkat keterlibatan.
Tinjauan reguler akan membantu Anda memanfaatkan dan memanfaatkan peluang baru sambil tetap menjunjung komitmen Anda untuk tetap setia pada visi dan strategi merek Anda.
Ini juga akan membantu Anda mengarahkan merek Anda ke arah yang benar dan menjaganya tetap relevan saat Anda bergerak ke masa depan.
Seperti yang dapat Anda lihat, membangun merek bukanlah hal yang salah. Anda harus menentukan merek Anda, membedakan, menyajikannya, dan meninjau apa yang merek Anda tegakkan dari waktu ke waktu.
Sangat penting untuk memperjelas strategi branding Anda dan bagaimana Anda akan menerapkannya. Anda juga harus mengadopsi strategi merek yang akan menambah nilai bagi konsumen Anda dan membantu mereka mengembangkan kesan yang tepat dari perusahaan Anda dan apa yang benar-benar diperlukan.
Salam Sukses
No comments:
Post a Comment