20 July 2018

Mengenal Personal Selling, Cara Komunikasi Pemasaran Langsung


Aktivitas personal selling adalah bagian dari kegiatan promosi dan komunikasi pemasaran yaitu cara untuk memperkenalkan dan menarik minat konsumen terhadap merek produk yang di tawarkan secara tatap muka atau langsung.


Bentuk promosi ini merupakan salah satu elemen  dalam marketing mix yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh perusahaan untuk menawarkan produknya.

Personal selling merupakan alat promosi yang sifatnya secara lisan, baik kepada satu orang maupun sekelompok orang dengan maksud untuk menciptakan terjadinya transaksi pembelian yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, dengan menggunakan manusia sebagai alat promosinya.

Komunikasi yang dilakukan kedua belah pihak bersifat interaktif atau komunikasi dua arah sehingga penjual dapat langsung memperoleh tanggapan sebagai umpan balik tentang keinginan dan pendapat konsumen.
Proses komunikasi dan promosi dapat dilakukan dengan sangat fleksibel karena dapat disesuaikan dengan situasi yang ada.

Berikut tugas utama sales team penjualan langsung, yaitu :

Mencari calon pembeli 

Personal selling setuju untuk mencari pelanngan bisnis baru yang kemudian dijadikan sebagai pelanggan bisnis potensial bagi perusahaannnya.

Komunikasi 

Personal selling memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan bisnis tentang produk yang jelas dan tepat.

Penjualan 

Personal selling harus tahu seni menjual, mendekati pelanggan bisnis sasaran, mempresentasikan produk, menjawab keberatan-keberatan, menutup penjualan.

Mengumpulkan Informasi 

Personal selling melakukan riset pasar sehingga mendapatkan informasi tentang pelanggan bisnis dan keadaan pasar serta membuat laporan kunjungan baik yang akan dilakukan maupun yang telah dilakukan

Pelayanan 

Personal selling melakukan pelayanan kepada pelanggan bisnis, mengkomunikasikan masalah pelanggan bisnis, memberikan bantuan teknis dan melakukan pengiriman.

Pengalokasian 

Personal selling setuju untuk memutuskan pelanggan bisnis mana yang akan lebih dulu memperoleh produk bila terjadi kekurangan produk pada produsen


No comments:

Post a Comment