14 April 2018

Elemen Komunikasi Pemasaran

Marketing Comunication Mix atau bauran komunikasi pemasaran terdiri dari berbagai alat promosi seperti iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan pribadi, alat pemasaran langsung, dan metode pemasaran online, digital, dan terintegrasi disebut Marketing Communication Mix.
Ini adalah cara untuk mengkomunikasikan brand value (nilai merek) Anda kepada konsumen dan membangun hubungan pelanggan yang lebih lama.
Marketing communication merupakan salah satu variable bauran pemasaran 4p (marketing mix 4p) yang legendaris tersebut.
Biasanya dalam konsep bauran pemasaran 4p tradisional, variabel promotion diletakkan terakhir, karena memang promosi ini sifatnya temporary, disesuaikan dengan kebutuhan, akan tetapi pada konsep pemasaraan masa kini, pemasar tidak bisa lagi meletakkan variabel promosi ini dibelakang atau dirumuskan terakhir kali atau temporaray, melainkan seringkali dirumuskan berssama-sama dengan saat produk di-developt atau saat create produk tersebut.

Lihat saja konsep teaser adv, ditayangkan jauh sebelum produk dilaunching dipasar, kemudian disusul dengan aktivitas peluncuran produk dan aktivitas komunikasi untuk membesarkan produk / merek produk.

Advertising (Iklan)

Ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau konsumen yang terdistribusi secara geografis dalam skala besar. Bisa melalui iklan TV, iklan kertas dan cetak, papan reklame, pengumuman radio, dll.
Untuk menjangkau khalayak massal. Meskipun alat promosi seperti itu cepat dan dilihat sebagai sah oleh konsumen, itu sangat mahal dan juga kebetulan menjadi komunikasi satu arah dengan pelanggan potensial Anda.

Personal Selling (Penjualan Personal)

Ini sangat efektif dalam membangun hubungan pelanggan dan membantu konsumen bergerak dari tahap kesadaran dan pengetahuan ke keyakinan dan tindakan.
Personil pemasaran Anda perlu menggunakan keterampilan orang-orang mereka dan belajar untuk mendengarkan audiensi sehingga persyaratan konsumen ditangani.
Anda mendapatkan umpan balik langsung dan meningkatkan potensi penjualan.

Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Melalui kupon diskon, kontes, penawaran harian, dan penawaran lainnya, Anda dapat mempromosikan penjualan produk Anda dan menciptakan efek pemasaran jangka pendek.
Pelajari lebih lanjut tentang Promosi Penjualan dalam artikel ini.

Public Relations (Hubungan Masyarakat)

Anda dapat menggunakan berita perusahaan, acara promosi, program sponsor, dll. Bersama dengan alat promosi lainnya untuk menjangkau calon pelanggan.
Kampanye semacam itu sangat hemat biaya dan ekonomis sambil menjangkau audiens yang lebih besar.

Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Ini adalah alat komunikasi yang sangat pribadi yang ditujukan kepada orang tertentu melalui email, telepon atau pesan seluler, media online, dll.
Ini juga memungkinkan interaksi pelanggan dan sebagian besar digunakan sebagai pendekatan pemasaran yang ditargetkan.

Online Marketing (Pemasaran Online)

Internet dan teknologi seluler yang kuat telah dengan cepat meningkatkan upaya perusahaan untuk memasarkan produk mereka dan membangun hubungan pelanggan melalui media sosial, situs web, aplikasi seluler, e-niaga, promosi daring, dll.
Buat kehadiran online Anda dan temukan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pemirsa Anda dengan cara yang hemat biaya, cepat dan andal.
Blog ini dapat membantu Anda membuat cetak biru pemasaran online yang lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih baik.

Ini adalah alat utama untuk menciptakan bauran komunikasi pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda. Namun, ketika melakukannya, Anda harus menyadari berbagai masalah hukum dan etika seputar komunikasi pemasaran. Hormati privasi pelanggan dan patuhi norma sosial dan peraturan pemerintah saat Anda membangun bauran komunikasi pemasaran yang kuat untuk pertumbuhan organisasi Anda.


Salam Sukses

No comments:

Post a Comment