Sudah kenal istilah market blitz, atau kita biasa menyebutnya sebagai grebek pasar, dimana aktivitas ini merupakan bagian dari promosi penjualan (sales promotion).
Aktivitas ini sebenarnya bertujuan untuk menciptakan pasar baru atau customer baru dengan cara mengadakan kunjungan langsung ke lokasi yang menjadi target yang biasanya adalah pasar (pasar secara umum) atau lokasi yang ramai lainnya, misal pabrik, tentu saat bubar pabrik, dan afdolnya hari sabtu minggu.
Istilah lain dari market blitz di dunia consumer goods adalah grebek pasar, karena memang konsepnya adalah melakukan penawaran dan penjualan diseluruh area pasar secara bersama-sama atau secara team dengan target semua pedagang yang potensial dan semua pengunjung pasar atau konsumen.
Dengan melakukan grebek pasar, diharapkan tidak ada pedagang yang terlewati, dan mayoritas pengunjung pasar juga bisa langsung mengenal produk sehingga diharapkan para pengunjung ini akan menjadi pelanggan pedagang-pedagang (outlets) yang berada dipasar tersebut.
Aktivitas ini sering dilakukan oleh distributor / principal consumer product secara periodik dan dengan sasaran beberapa pasar untuk mendapatkan outlet baru dan sekaligus mengenalkan produk ke konsumen secara langsung.
Aktivitas market blitz yang lain adalah dengan mengadakan penjualan ke perumahan-perumahan, dengan sasaran outlet disekitar perumahan dan konsumen setempat.
Team market blitz ini dalam aktivitasnya akan menjual dengan sistem diskon khusus, baik ke outlets maupun ke konsumen, sehingga akan meningkatkan daya tarik produk.
No comments:
Post a Comment