17 April 2018

Klasifikasi Iklan

Iklan adalah promosi produk dan layanan perusahaan melalui media yang berbeda untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan. Ini berhasil dengan membuat pelanggan sadar akan produk dan dengan berfokus pada kebutuhan pelanggan untuk membeli produk.

Secara global, iklan telah menjadi bagian penting dari dunia usaha. Oleh karena itu, perusahaan membagikan sebagian besar pendapatan mereka ke anggaran iklan. Iklan juga berfungsi untuk membangun merek produk yang berjalan jauh untuk menghasilkan penjualan yang efektif



Print Advertising - Iklan cetak

Media cetak telah digunakan untuk iklan sejak lama. Surat kabar dan majalah adalah mode iklan yang cukup populer untuk berbagai perusahaan di seluruh dunia. Menggunakan media cetak, perusahaan juga dapat mempromosikan produk mereka melalui brosur dan selebaran. Surat kabar dan majalah menjual ruang iklan dan biaya tergantung pada beberapa faktor. Kuantitas ruang, halaman publikasi, dan jenis kertas menentukan biaya iklan. Jadi iklan di halaman depan akan lebih mahal daripada di halaman dalam. Demikian pula iklan di suplemen kertas glossy akan lebih mahal daripada di kertas berkualitas biasa-biasa saja.

Broadcast Advertising - Iklan Siaran

Jenis iklan ini sangat populer di seluruh dunia. Ini terdiri dari iklan televisi, radio, atau internet. Iklan di televisi memiliki audiens yang besar dan sangat populer. Biaya iklan tergantung pada panjang iklan dan waktu di mana iklan akan muncul. Misalnya, iklan prime time akan lebih mahal daripada iklan biasa. Iklan radio tidak seperti biasanya setelah munculnya televisi dan Internet, tetapi masih ada audiens khusus untuk iklan radio juga. Jingle radio cukup populer di kalangan masyarakat dan membantu menjual produk.

Outdoor Advertising - Iklan luar ruangan

Iklan luar ruang menggunakan berbagai alat untuk mendapatkan perhatian pelanggan. Billboard, kios, dan acara dan pameran dagang adalah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan perusahaan. Baliho ada di sekitar kota tetapi isinya harus sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pelanggan. Kios-kios adalah outlet mudah dari produk dan berfungsi sebagai outlet informasi untuk orang-orang juga. Mengorganisir acara seperti pameran dagang dan pameran untuk promosi produk atau layanan juga dengan cara mengiklankan produk. Oleh karena itu, iklan luar ruang adalah alat iklan yang efektif.

Covert Advertising - Iklan Terselubung

Ini adalah cara unik untuk iklan di mana produk atau pesan secara halus dimasukkan dalam film atau serial TV. Tidak ada iklan yang sebenarnya, hanya penyebutan produk dalam film. Misalnya, Tom Cruise menggunakan ponsel Nokia dalam film Minority Report.

Public Service Advertising - Iklan Layanan Publik

Terbukti dari judul itu sendiri, iklan semacam itu untuk tujuan publik. Ada sejumlah hal penting seperti AIDS, integritas politik, konservasi energi, buta huruf, kemiskinan dan sebagainya yang semuanya membutuhkan lebih banyak kesadaran sejauh menyangkut masyarakat umum. Jenis periklanan semacam ini sangat penting belakangan ini dan merupakan alat yang efektif untuk menyampaikan pesan.


No comments:

Post a Comment