17 April 2018

Komunikasi Pemasaran - Makna dan Prosesnya

Komunikasi pemasaran pada dasarnya adalah bagian dari bauran pemasaran. Bauran pemasaran mendefinisikan 4P pemasaran dan Promosi adalah apa yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran. Ini adalah pesan yang akan disampaikan organisasi Anda ke pasar Anda. Anda harus sangat khusus tentang pesan yang berbeda yang akan Anda sampaikan melalui berbagai media.



Pemasaran yang dicetak secara tradisional adalah satu-satunya metode untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Namun, baru-baru ini, email, sms, blog, televisi, dan situs web perusahaan telah menjadi cara yang trendi untuk menyampaikan pesan organisasi kepada konsumen. Penting bahwa pesan yang Anda berikan dalam satu media harus sesuai dengan pesan yang disediakan di media lain. Misalnya, Anda harus menggunakan logo yang sama di situs web Anda seperti yang Anda gunakan dalam pesan email Anda. Demikian pula, pesan televisi Anda harus menyampaikan pesan yang sama dengan blog dan situs web Anda.

Untuk alasan di atas, orang yang mengendalikan proses komunikasi pemasaran sangat penting bagi perusahaan. Para eksekutif ini menjadikannya suatu proses komunikasi pemasaran terpadu. Anda sekarang akan mengerti mengapa itu harus 'terintegrasi'. Alasannya adalah bahwa pesan yang akan disampaikan melalui media yang berbeda haruslah sama.

Mari kita lihat proses komunikasi pemasaran. Sangat penting untuk memiliki proses di tempat karena kemudian iklan Anda akan menuai manfaat yang tepat. Ada lelucon iklan lama “Saya tahu iklan saya bekerja, saya tidak tahu setengahnya.” Itulah sebabnya jika proses komunikasi pemasaran menempatkan tab pada iklan karena perusahaan tidak boleh kehilangan uang pada jenis iklan yang salah. Hal-hal harus didefinisikan dengan baik dan terintegrasi untuk mendapatkan pendapatan maksimum. Proses komunikasi pemasaran Anda akan terlihat seperti:

Prosesnya dimulai pada tahap pengembangan strategis. Anda mulai dengan membuat program komunikasi pemasaran. Pada titik ini, Anda memutuskan semua yang akan jatuh dalam daftar iklan Anda. Pada tahap berikutnya, Anda menangkap respons konsumen Anda. Tanggapan ini kemudian dicatat dan dipelihara sebagai data iklan. Eksekutif kemudian menganalisa dan mengevaluasi data yang dikumpulkan. Mereka menghasilkan semua laporan penting yang akan membantu mengalokasikan anggaran pemasaran dan komunikasi terpadu.

Komunikasi pemasaran terpadu adalah pendekatan berbasis data yang mengidentifikasi wawasan konsumen dan mengembangkan strategi dengan kombinasi saluran offline dan online yang tepat yang akan menghasilkan hubungan merek-konsumen yang lebih kuat. Ini telah tumbuh manifold dalam beberapa tahun terakhir karena beberapa pergeseran dalam industri periklanan dan media. Inilah alasan mengapa ia berkembang menjadi strategi utama untuk para pengembang. Beberapa contoh pergeseran berasal dari iklan media ke berbagai bentuk komunikasi, dari iklan fokus umum hingga pemasaran berbasis data dan sebagainya.

Memilih elemen komunikasi yang paling penting sangat penting untuk kesuksesan bisnis perusahaan. Kampanye iklan harus efektif di semua platform. Setelah proses pemasaran terpadu ditetapkan, perusahaan dapat meraup untung besar darinya. Hari-hari ini, ada perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menciptakan proses komunikasi pemasaran untuk Anda. Jadi Anda bisa melakukannya sendiri atau mengambil layanan mereka. Tetapi proses komunikasi pemasaran yang efektif adalah urutan hari ini!

No comments:

Post a Comment