Ada banyak bentuk komunikasi pemasaran, namun secara umum terbagi dalam beberapa macam aktivitas komunikasi diantaranya adalah :
- Public Relation, hubungan masyarakat, merupakan bagian dari sebuah institusi / organisasi / perusahaan baik swasta maupun pemerintah dengan fungsi melakukan komunikasi dengan masyarakat umum.
- Advertising, periklanan, adalah aktivitas komunikasi dari institusi / organisasi / perusahaan / merek produk kepada konsumen sasaran, dimana komunikasi bisa menggunakan beberapa media sperti televisi, radio, majalah dan lain.lain
- Direct Marketing, pemasaran langsung, adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan secara langsung ke konsumen sasaran.
- Personal Selling, penjualan personal, merupakan aktivitas pemasaran dengan cara penjualan secara langsung ke konsumen, dengan maksud konsumen bisa mengenal produk secara langsung. Biasanya aktivitas ini dikombinasi dengan aktivitas edukasi ke pasar / konsumen.
- Sales promotion, promosi penjualan, adalah aktivitas pemasaran dengan untuk lebih mengenalkan produk ke konsumen melalui aktivitas promosi dan penjualan produk.
- Event marketing, pemasaran even, adalah aktivitas untuk mengenalkan merek produk atau layanan dengan membuat sebuah even atau acara.
Event Marketing
Sampai saat ini event marketing dipercaya oleh banyak pemasar sebagai sebuah tools untuk membuat strategi mengenalkan produk ke konsumen yang cukup handal dan banyak disukai oleh konsumen.
Event marketing adalah aktivitas pemasaran untuk mengenalkan merek dan produk ke konsumen melalui beragam acara seperti kompetisi, hiburan, sosial, dan lain-lain.
Fungsi Event Marketing
- Sebagai sarana branding
- Meningkatkan loyalitas pelanggan
- Meningkatkan brand image
- Meningkatkan brand awareness
- Meningkatkan penjualan
- Meningkatkan kedekatan merek dengan pelanggan
Event marketing jauh lebih unggul dibading beberapa aktivitas komunikasi pemasaran yang lain, diantaranya adalah :
- Konsumen bisa langsung meihat / membuktikan kebenaran janji produk (janji seperti dalam iklan).
- Konsumen bersentuhan langsung, bahkan mendapat pengalaman dengan berinteraksi dengan produk tersebut.
- Sebagai sarana edukasi produk yang sangat baik, sehingga bisa mengenalkan produk dengan lebih baik.
Hal-hal yang Diperhatikan saat Membuat Event Marketing
- Tema dan Konsep acara, tentukan dulu konsep dan tema, apakah sesuai atau tidak, apakah relevan dengan produk dan konsumen yang di target.
- Komunikasi, teknik komunikasi apa saja yang akan digunakan dalam event tersebut, tentunya selain bentuk event / tema event tersebut.
- Misal dengan berbagai banner (diatur sedemikian rupa sehingga mampu menarik perhatian (atractive) dan mendapat exposure yang luas).
- Komunikasi melalui acara, seperti lomba kostum yang berhubungan dengan merek dan produk, kuiz tentang produk, lomba membuat jingle, dan lain-lain.
- Adanya iklan pendahuluan melalui radio dan selebaran / poster.
- dan lain-lain
- EO, event organizer yang mengelola harus paham dengan apa yang hendak dicapai oleh pemilik produk / merek. Hal ini bertujuan agar acara bisa terarah dengan baik, sehingga objective acara bisa dicapai.
- Budget, budget acara harus diperhitungkan dengan baik, jangan sampai saat mendekati hari H ternyata budget acara tidak mencukupi, karena jika budget tidak cukup, akan lebih membuat acara yang sedikit dibawah atau menyesuaikan dengan budget, tetapi acara bisa dieksekusi dengan baik.
Sebuah event marketing, jika dikerjakan dengan benar akan mampu memberikan dampak yang cukup besar terhadap tujuan komunikasi pemasaran merek produk tersebut.
Seperti ketika merek dan produk kurang dikenal di sebuah area, perusahaan bisa membuat sebuah event marketing untuk membuat strategi aktivasi merek dari produk-produknya.
Dimana strategi aktivasi merek tersebut akan mampu membuat konsumen semakin mengenal merek dari produk tersebut, sekaligus akan mampu memberi pengalaman ke konsumen dan diharapkan konsumen bersedia untuk membeli produk tersebut.
No comments:
Post a Comment